Deskripsi

Air Terjun Batang Ogan (Tangogan) terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kec. Hulu Kuantan, Kab. Kuantan Singingi, Riau. Air Terjun Batang Ogan sering disebut juga Ngarai Tangogan, karena memang air terjun tersebut terletak diantara ngarai atau bebatuan tinggi. Nah, untuk menuju ke air terjun tangogan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Teluk Kuantan (ibukota Kab. Kuansing). 

Awal tahun 2016 ini air terjun ini baru mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Menurut masyarakat setempat pula, dulu akses ke air terjun tersebut sangat-sangat sulit.Air terjun ini tidak sulit untuk ditemukan, sampai di daerah Lubuk Ambacang kita akan melihat kantor camat Hulu Kuantan. Tak jauh setelah kantor camat, ada jalan tanah membelok ke kiri. Disanalah jalan masuknya, ada spanduk yang menandakan ke arah tersebutlah kita kalau mau menuju air terjun.

Selain karena kases jalan yang mudah air terjun ini juga memilki keindahan yang menarik pengunjung dengai ngarai yang tinggi dan kolam yang luas. Ketika sampai di lokasi maka kita akan menuruni jalan yang menurun dan licin sehingga dibuthkan kehati hatian dalam menuruninnya. Tapi,setelah sampai di bawah maka akan terlihat keindahan yang luar biasa maka terbayarlah segala lelah dalam menuruni jalan tadi. Kolam yang sangat lebar dengan ngarai yang sangat indah. Jika kita hendak menuju air terjun maka kita harus berenang menyusuri ngarai yang tinggi tersebut baru kita dapat sampai ke air terjunnnya. Namun bagi yang mempunyai nyali yang kuat bisa langsung lompat dari atas air terjun tersebut.


selain itu mata kita kan dimanjakan oleh keindahan alam yang masih sangat alami yang dikelilingi oleh pohon pohon yang indah. Air  yang jernih dan tenang membuat dipuaskan olehnya. Apalagi yang punya nyali melompat dari atas ngarai tersebut maka akan terasa bagaimana alam memberikan kenikmatannya kepada kita. Air terjun ini sangat cocok bagi keluarga yang menghabiskan hari liburnya untuk berwisata maupun dengan teman-teman.

Foto